Ulasan Terkini Mengenai Berita Indonesia dan Luar Negeri

6 Syarat Gadai Mobil yang Masih Kredit

Melakukan gadai mobil kredit di Jakarta bukanlah hal yang mengada-ada. Terbukti kini ada cukup banyak lembaga keuangan yang menerima jaminan mobil yang masih belum lunas alias kredit. Meskipun demikian, Anda harus sangat teliti saat ingin menggadaikan mobil Anda yang masih kredit.

Sebab jika tidak hati-hati bukan tidak mungkin Anda akan terkena masalah yang sangat besar. Bahkan akibat terburuknya Anda bisa masuk penjara. Sudah banyak kasus yang seperti ini. Masuk penjara karena terkena pasal penggelapan.

Namun semua itu tidak akan terjadi jika Anda memahami regulasinya. Selain itu Anda pun harus tetap saat memilih tempat gadai mobil. Pilihlah tempat pegadaian kendaraan yang terpercaya dan memiliki kredibilitas baik.

Menggadaikan Mobil Kredit

Meskipun saat ini sudah umum dilakukan, faktanya sebagian besar masyarakat masih belum mau melakukannya. Banyak yang masih merasa takut menggadaikan kendaraannya yang masih kredit.

Padahal jika caranya benar, menggadaikan mobil kredit bukanlah hal yang melanggar hukum. Selain alasan tersebut, banyak yang beranggapan jika pihak pegadaian akan mempersulit prosesnya. Sebab mobil yang akan digadaikan masih dalam masa kredit.

Padahal syarat menggadaikan kendaraan kredit sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan bisa dikatakan sangat gampang untuk dipenuhi. Artinya mobil kredit bisa digadaikan dengan prosedur dan syarat yang benar.

Syarat Menggadaikan Mobil Kredit

Syarat Menggadaikan Mobil Kredit

Untuk Anda yang kepikiran ingin menggadaikan mobilnya namun masih kredit, jangan khawatir. Untuk persyaratannya terbilang sangat mudah. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya seperti:

  1. Surat-surat Resmi dan Lengkap

Ini digunakan untuk membuktikan jika mobil yang ingin digadaikan secara sah sudah menjadi milik Anda.

  1. Pajak Mobil Hidup

Rata-rata tempat pegadaian lebih suka menerima mobil dengan kondisi pajak yang masih hidup. Meskipun sebenarnya gadai mobil pajak mati tetap bisa dilakukan. Namun umumnya ini hanya berlaku untuk mobil tidak kredit.

  1. Waktu Kredit Hampir Selesai

Pada umumnya waktu kredit pun akan menjadi bahan pertimbangan. Rata-rata mobil kredit bisa digadaikan jika waktu pelunasannya sudah mendekati selesai.

  1. Tahun dan Keadaan Mobil

Tahun produksi mobil akan menjadi pertimbangan utama tempat gadai yang Anda pilih. Artinya semakin baru mobil yang digadaikan, maka akan semakin besar potensi disetujui.

Begitupun juga dengan keadaan atau kondisi mobil yang akan Anda gadaikan. Semakin baik kondisi mobil, maka akan semakin bagus pula. Apalagi dalam gal ini mobil yang akan digadaikan adalah mobil kredit.

  1. Riwayat Kredit

Untuk persyaratan yang kelima ini sifatnya tambahan. Sebab tidak semua tempat gadai kendaraan melakukan pengecekan riwayat kredit para calon nasabahnya. Nah, biasanya informasi terkait hal seperti ini akan diberitahu di awal. Apakah tempat gadai akan melakukan cek riwayat kredit ataukah tidak.

  1. Setuju dengan Jumlah Pencairan

Setuju dengan jumlah pencairan bukan berarti tempat gadai asal-asalan dalam melakukan hal ini. Untuk jumlah dana yang bisa dipinjam tentunya sudah melalui berbagai proses perhitungan sebelumnya.

Bahkan sebenarnya tempat gadai seperti ini memiliki cara khusus untuk menaksir nilai sebuah mobil. Angka tersebut tidak datang begitu saja. Artinya angka tersebut merupakan hasil dari perhitungan nilai taksir mobil yang akan Anda gadaikan.

Intinya menggadaikan mobil kredit adalah sesuatu yang bisa dilakukan. Meskipun demikian, cara yang dilakukan haruslah benar. Artinya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh tempat gadai mobil kredit di Jakarta yang sudah Anda pilih.